KOPERASI KARYAWAN
Universitas Muhammadiyah Malang
KOPERASI KARYAWAN
Universitas Muhammadiyah Malang

Profil

PROFIL

Koperasi Karyawan "Melati" UMM merupakan salah satu Unit Usaha yang ada di  Lembaga dan beranggotakan  Dosen dan Karyawan Universitas Muhammadiyah Malang.

Kopkar "Melati" UMM memiliki beberapa unit kerja, yaitu :
1. Simpan Pinjam
   Unit simpan pinjam adalah unit yang melayani kebutuhan anggota menyangkut pengadaan dana dalam jumlah tunai. Unit ini ada 2 jenis, yaitu :
    a. Pinjaman Intern
        Pinjaman ini dananya diambilkan dari kas Koperasi sendiri. Besarnya jumlah pinjaman yang bisa di ajukan anggota maksimal adalah 3 juta rupiah. Waktu pencairannya dilakukan setiap bulan kecuali saat bulan ramadhan dan dana pinjaman tersebut dapat diambil mulai tanggal 20 sampai akhir bulan. Proses pengajuannya juga mudah, cukup dengan mengisi form pengajuan pinjaman yang telah disediakan di Koperasi paling lambat tanggal 13 bulan pencairan. Pinjaman ini juga relatif ringan karena pembayarannya diangsur maksimal 10 angsuran dengan jasa 2% menurun.
    b. Pinjaman Ekstern
        Pinjaman ini terlaksana berkat kerjasama yang dilakukan Koperasi Karyawan "Melati" Universitas Muhammadiyah Malang dengan pihak luar. Selama ini kerjasama yang telah dilakukan antara lain dengan Bank Muammalat Indonesia (BMI) Cabang Surabaya, Bank Bukopin Cabang Malang, Bank Jatim, dan Bank Tabungan Negara (BTN) Syari'ah. Dari hasil kerjasama tersebut masing-masig pihak merasakan manfaatnya. Anggota Koperasi bisa mendapatkan pinjaman antara 5 juta sampai dengan 50 juta rupiah dengan jangka waktu pengangsuran selama 36 bulan (3 tahun) dan 60 bulan (5 Tahun). Koperasi pun juga mendapatkan bagi hasil dengan bank yang bersangkutan. Syarat pengajuan pinjaman ini juga relatif mudah. Anggota diminta mengumpulkan :
      - 1 (satu) lembar foto copy Surat Keputusan (SK) pengangkatan sebagai karyawan tetap/dosen tetap/dosen kopertis
        - 2 (dua) lembar foto copy Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih berlaku
        - 1 (satu) lembar slip Gaji bulan terakhir yang ditandatangani Karo Keuangan UMM
        - 2 (dua) lembar materai 6000
        - menandatangani surat kesanggupan (disediakan oleh Koperasi)
       Sampai saat ini kerjasama ini masih tetap berjalan dengan lancar.

Shared: